Tips Entri Kehadiran GTK Manual v2.1 Lebih Cepat Dalam Hitungan Menit




Memasuki Tahun Ajaran baru 2018/2019, pemerintah telah merilis Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan versi terbaru yaitu DHGTK v.2. 

Pada dasarnya fungsi DHGTK versi lama dan versi baru tidak ada bedanya, hanya dari segi tampilan menu ada perbedaan cukup signifikan. Ada juga penambahan beberapa fasilitas dan perbaikan dari DHGTK Versi lama. Salah satunya yang cukup berbeda adalah, DHGTK versi baru suport terhadap absensi finger print. Jadi bagi sekolah yang sudah menggunakan absensi finger print, tidak perlu mengisi kehadiran secara manual di DHGTK online. Cukup sinkron dari software absensi finger print maka data kehadiran akan masuk ke DHGTK.

Bagi teman yang masih galau belum menggunakan finger print karena berbagai pertimbangan maka masih dapat dientri dengan cara manual pada Hadir GTK versi 2.1.

Tapi masalahnya jika manual tentu akan sangat membosankan karena harus input jam datang dan jam pulang secara berulang, belum lagi jari terasa pegal. Maka cara yang paling mudah dengan memanfaatkan tools macro recorder seperti Jitbit Macro Recorder, MacroMaker, Perfect Automation dll. Atau bahkan lebih cepat lagi tinggal coding sendiri dengan teknik input langsung.

Yang masih menggunakan cara entri manual dalam mengisi kehadiran caranya setelah berhasil login di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/langkahnya:
1. klik Kelengkapan Sekolah
2. klik Entri Kehadiran
3. pada bagian Kalender tinggal di klik tanggal yang diinginkan
4. tinggal eksekusi dengan macro
5. klik Simpan Semua yang ditandai

Untuk macro klik link di bawah ini :
Demikianlah informasi mengenai Cara Mengisi Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan di DHGTK V.2.1 Semoga bermanfaat dan terimakasih. 

0 komentar