Mengenal Lebih Dekat Ujian Nasional Akan di Hapus


Sekarang ini sedang heboh-hebohnya Ujian Nasional akan di hapus dan di ganti dengan sistem penerusan minat dan bakat, yang mana ini adalah program yang akan di jalani oleh Prabowo - Sandi seusai debat cawapre di Hitel Sultan Jakarta.
Dengan dihapusnya Ujian Nasional Pendidikan indonesia akan mengikuti jejak Pendidikan Firlandia.

Pendidikan di Finlandia dikenal sebagai sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia. Sejak hasil ujian internasional Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) keluar pada tahun 2000, Finlandia mendapat perhatian khusus dari seluruh dunia. Remaja Finlandia berhasil menempati peringkat pertama bersama dengan Korea Selatan dan Jepang. Pada hasil tersebut, Finlandia menempati peringkat pertama di Literasi Membaca, keempat di Matematika, dan ketiga di Ilmu Alam.

Ini fakta-fakta di Firlandia dari berbagai berita yang bersumber : www.liputan6.com

1. Serba Gratis
Di Finlandia, semua sekolah dianggap sama, mereka tak mengenal sekolah unggulan atau favorit. Para orangtua tak perlu pusing memikirkan soal biaya pendidikan karena semuanya gratis. Bukan itu saja, sekolah di Finlandia juga menggratiskan biaya makan siang, transportasi, dan kesehatan.

2. Belajar 5 Jam Sehari
Para siswa Sekolah Dasar (SD) di Finlandia hanya menghabiskan waktu selama 4-5 jam per hari di sekolah. Untuk SMP dan SMA, memiliki sisten sama dengan perguruan tinggi. Mereka hanya datang ke sekolah pada jam mata pelajaran yang mereka pilih saja.
Bagi orang Finlandia mempercayai, jam sekolah yang singkat mampu meningkatkan efektivitas dan produktivitas siswa, sehingga menjadikan mereka anak-anak yang cerdas.

3. Tidak Ada PR dan Rangking
Di Finlandia, para pelajar tidak diberikan pekerjaan rumah alias PR. Jika ada itupun sangat minim. Mereka justru punya waktu istirahat hampir tiga kali lebih dari pelajar negara lain. Anak-anak jadi tidak merasa tertekan dengan memiliki beban pekerjaan rumah.
Mereka juga tidak mengenal sistem ranking, karena para pelajar tidak ada yang dianggap pintar atau bodoh. Hal ini membuat kesenjangan pendidikan di Finlandia sangat kecil.

4. Tak Ada Ujian Nasional
Pemerintah Finlandia mempercayai guru untuk evaluasi pelajaran siswa. Pemerintah di negara Skandinavia itu menganggap gurulah yang bisa menilai dan lebih tahu kemampuan siswanya. Hal ini membuat siswa tidak tertekan dan bebas mengasah kemampuan mereka di bidang yang mereka minati.

5. Banyak Istirahat dan Bermain
Di Finlandia, waktu istirahat sekolah bisa sampai 45 menit. Kegiatan di sekolah juga banyak diisi dengan bermain. Mereka percaya setiap siswa akan berhasil jika memiliki waktu bersantai atau beristirahat yang cukup. Para orangtua percaya bahwa anak-anak bisa belajar melalui banyak cara, salah satunya bermain.

6. Fasilitas Lengkap
Bagi masyarakat Finlandia, kesuksesan pendidikan anak mereka juga ditentukan oleh fasilitas sekolah yang memadai. Karena itu di dalam sekolah banyak ruang-ruang bermain atau diskusi bersama.
Selain itu, ruang olahraga juga banyak tersedia untuk membuat pikiran dan tubuh siswa bisa segar setiap saat.

Dengan demikian kita ketahui bahwa pendidikan indonesia akan menerapkan pendidikan seperti Firlandia, "Kami akan hapus Ujian Nasional yang menjadi sumber biaya tinggi bagi sistem pendidikan," ujar Sandi di Hotel Sultan, Jakarta Minggu (17/3/2019). "Ujian Nasional tidak berkeadilaan kami ganti dengan penelusuran minat bakat yang sangat aplikatif. Peserta didik bisa diarahkan ke mana kemampuannya," ujar Sandi.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Ujian Nasional Akan di Hapus"

Iklan Tengah Artikel 1