Olimpiade Biologi Indonesia Raih Emas, Perak dan Perunggu

Infodunia-pendidikan.blogspot.com. Kabar bahagia datang dari Olimpiade Biologi Internasional  atau international Biology Olimpiyad (IBO) yang kali ini Tim Olimpiade Biologi (IBO) dari Indonesia yang meraih medali emas, perak, dan perunggu.

Pagelaran olimpiade biologi internasional kali ini adalah 26th International Biology Olympiad, yang diselenggarakan di Denmark. Siswa-siswa yang menjadi peserta IBO 2015 merupakan hasil seleksi berjenjang yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota,  provinsi hingga tingkat nasional pada tahun 2014 di Mataram, NTB.

Tim olimpiade biologi
Tim olimpiade biologi Indonesia


IBO 2015 diselenggarakan di Aarhus, kota terbesar kedua di Denmark setelah Kopehagen pada tanggal 12-19 Juli 2015. Acara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Juli 2015 di Concert Hall, Aarhus. 

Pada tanggal 14 Juli 2015, siswa peserta IBO akan melaksanakan tes praktikum yang meliputi 4 topik yaitu: 1) Mikrobiologi dan Biologi Molekuler, 
2) Anatomi, Sistematik dan Evolusi Tumbuhan, 
3) Morfologi dan Fungsional Hewan, 
4) Biokimia 

Dengan masing-masing waktu selama 90 menit. Selanjutnya pada tanggal 16 Juli 2015, siswa akan mengerjakan 2 set soal teori yang masing-masing membutuhkan waktu 210 menit (3,5 jam).  Soal praktikum dan teori akan dikerjakan dengan menggunakan komputer tablet. Sistem penilaian berdasarkan pada bobot yang sama antara tes praktikum dan tes teori. Semua kegiatan tes (praktikum dan teori) akan dilakukan di Aarhus University.

Tim Olimpiade Biologi Indonesia 2015 akan diwakili oleh empat siswa(i) SMA yaitu:
  1. Hana Fauzyyah Hanifin (Siswi Kelas XII SMA Semesta, Semarang)
  2. Nagita Gianty Annisa (Siswi Kelas XII, MAN Insan Cendekia, Serpong, Tangerang)
  3. Maria Patricia Inggriani (Siswi Kelas XII, SMA Kharisma Bangsa, Tangerang)
  4. Valdi Ven Japranata (Siswa Kelas XII, SMAK IPEKA Sunter, Jakarta)
Keempat siswa tersebut bersaing dengan 244 siswa dari total 62 negara peserta untuk memperebutkan medali. Selain siswa peserta, kontingen Indonesia juga terdiri dari tim pendamping yang selama ini juga berperan sebagai tim pembina pusat yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan siswa Indonesia sebelum berkompetisi di IBO.

Tim pendamping juga akan bertindak sebagai juri yang akan berperan aktif pada saat diskusi materi tes serta penerjemahan materi tes dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Secara umum, tim juri IBO 2015 merupakan Professor ataupun staf akademik dari universitas-universitas termuka diantaranya University of Bern (Switzerland), University of Dresden (Jerman), Wagenigen University (Belanda), NTU dan NUS (Singapura), University of Tsukuba (Jepang), dan Purdue University (USA).

Adapun peserta yang memperoleh medali dari IBO 2015 Denmark adalah :

  1. Maria Patricia Inggriani (SMA Kharisma Bangsa) berhasil meraih medali emas Olimpiade Internasional Biologi 2015
  2. Valdi Ven Japranata (SMAK IPEKA Sunter, Jakarta) dan Hana Fauzyyah Hanifin (SMA SEMESTA, Semarang) sumbang medali perak IBO 2015
  3. Nagita Gianty Annisa (MAN Insan Cendekia, Serpong) meraih medali Perunggu IBO 2015
Demikian Berita bahagia kali ini mengenai Olimpiade Biologi Indonesia Raih Emas, Perak dan Perunggu. Semoga bisa lebih ditingkatkan pada kesempatan mendatang.

0 Response to "Olimpiade Biologi Indonesia Raih Emas, Perak dan Perunggu"

Iklan Tengah Artikel 1