Tips Beasiswa Kuliah di Jepang

infodunia-pendidikan.blogspot.com. Assalamu'alaikum. Bagaimana kabar sobat sekalian? bagi rekan-rekan mungkin ada yang berminat untuk menempuh pendidikan di Jepang kali ini admin akan berbagi tentang Tips beasiswa kuliah di jepang.

Sebagaimana yang kita tahu jepang merupakan salah satu negeri yang maju dalam teknologi dan industrinya, sehingga banyak orang dari berbagai belahan dunia berlomba untuk menempuh pendidikan di Jepang.

Banyak beasiswa yang ditawarkan bagi yang ingin kuliah di Jepang, dari yang sebagian sampai yang full menanggung semua kebutuhan selama kuliah di sana. Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum berburu beasiswa untuk kuliah di Jepang? Pertama harus mengenal dulu apa saja jalur beasiswa yang ada, yaitu:

kuliah di jepang
kuliah di jepang


1. Beasiswa dari pemerintah
Bentuknya bisa berupa beasiswa untuk biaya kuliah saja, atau biaya hidup saja. Atau ada juga yang memberikan keduanya secara penuh. Beasiswa dari pemerintah ini ada yang dari pemerintah pusat Jepang dan ada juga dari pemerinta daerah di tiap-tiap wilayah di Jepang yang bisa diajukan sesuai dengan wilayah di mana Anda akan kuliah nanti.

2. Beasiswa dari pihak swasta
Biasanya berbentuk sebagian tanggungan saja, misalnya hanya menanggung biaya kuliah saja atau biaya hidup saja.

3. Beasiswa dari universitas

Masing-masing universitas di Jepang mempunyai program skema beasiswa untuk mahasiswa internasional. Bentuknya berupa skema potongan biaya kuliah dengan persentase mulai dari 30% bahkan sampai 100%.


Lalu selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai jenisnya, yaitu ada dua jenis di antaranya:

1. Before enrollment.

Yaitu beasiswa yang bisa diajukan atau didapatkan sebelum keberangkatan kamu ke Jepang.

2. After enrollment.

Beasiswa ini bisa kamu ajukan atau dapatkan setelah kamu berada di Jepang atau saat kamu sudah mulai menjalankan kuliah di sana.

Informasi mengenai before dan after enrollment bisa dilihat di sini.


Untuk kamu yang lulusan SMA/SMK, beasiswa untuk program pendidikan apa saja yang tersedia? :

1. Undergraduate

Yaitu program pendidikan sarjana atau S1.

2. College of Technology

Setara dengan diploma 3 tahun, dengan jurusan khusus di bidang teknik dan enginering.

3. Professional Training College dan Junior College

Setara dengan diploma 2 tahun atau 3 tahun, dengan jurusan-jurusan beragam seperti keperawatan, pertanian, kependidikan, perdagangan, dsb. Ada juga program sertifikasi profesi seperti koki, animator, sutradara film, pramugari sampai perancang busana, dan masih banyak lagi.

Sumber

Nah, demikian informasi kali ini mengenai Tips Beasiswa Kuliah di Jepang. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Tips Beasiswa Kuliah di Jepang"

Iklan Tengah Artikel 1