Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di FBF 2015

infodunia-pendidikan.blogspot.com. Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan mewakili Indonesia menjadi tamu kehormatan (Guest of Homour/GOH) pada Frankfrut Book Fair (FBF) tahun 2015. Acara ini akan diadakan pada bulan Oktober 2015, di komplek Messegelande, Ludwig-Erhard-Anlage 1, Frankfrut, Jerman.
 “Frankfrut Book Fair tidak hanya pameran buku, tetapi juga merupakan diplomasi budaya,” ungkap Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti, pada jumpa pers di kantor Kemdikbud, Jakarta, Kamis (11/09/2014). 
 Wiendu mengatakan, Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN menjadi GOH. Dua hal yang ingin dicapai dalam keikutsertaan Indonesia dalam FBF tahun 2015, yaitu secara internal dan eksternal. Secara eksternal, ingin melalui FBF dapat menunjukan dan menjadikan Indonesia kedepan menjadi negara yang moderen, dinamis, dan memiliki peradaban intelektual yang hebat, khususnya dibidang kesastraan.
 “Tradisi sastra Indonesia yang sangat kuat tersebut dapat dikenal dunia. Sehingga menjadikan kebangkitan Intelektual Indonesia dalam menerobos dunia Internasional,” ucap Wiendu. 
Secara internal, kata Wiendu, ia menginginkan dalam keikutasertaan di FBF dapat menjadikan menulis, membaca, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kehidupan di Indonesia. Selain itu juga sebagai upaya mengembangkan industri perbukuan di Indonesia.  
“Pada tahun 2016, Indonesia pun akan memiliki International Indonesia book fair yang pertama,” pungkas Wiendu optimis.

Sekilas tentang the Frankfurt Book Fair

The Frankfurt Book Fair (FBF)
The Frankfurt Book Fair (FBF)
 
The Frankfurt Book Fair (FBF) (Jerman: Frankfurter Buchmesse) merupakan arena transaksi buku terbesar dan paling bergengsi di dunia, bahkan melebihi the London Book Fair dan BookExpo America dalam hal ukuran dan signifikansinya secara komersial.  FBF dianggap sebagai pameran buku paling penting dalam hal transaksi dan perdagangan internasional terkait rights dan lisensi.
Pameran buku yang telah berlangsung sejak 500 tahun lalu ini  biasanya diselenggarakan pada pertengahan Oktober di area  Frankfurt Trade Fair di  Frankfurt am Main, Jerman. Tiga hari pertama pameran ini eksklusif diperuntukkan bagi pengunjung yang hendak berbisnis, sementara dua hari terakhir diperuntukkan bagi pengunjung umum.

Demikian Artikel kali ini mengenai Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di FBF 2015. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di FBF 2015"

Iklan Tengah Artikel 1