Contoh Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika



infodunia-pendidikan.blogspot.com. Kurikulum 2013 menuntut sistem penilaian Autentik. Sehingga metode penilaian agak berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Mungkin sebagian rekan pendidik masih kebingungan dengan sistem penilaian autentik ini. Pada kesempatan ini admin ingin share Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika.

penilaian autentik matematika
Penilaian autentik
 
Berikut ini contoh  penilaian autentik:
1.     Pengamatan langsung (observasi)
Sesungguhnya pengamatan langsung ini sering kita lakukan dalam kegiatan pembelajaran, namun dengan dipersiapkan secara nyata akan lebih membantu dalam melakukan pengamatan, walaupun sekedar menyiapkan catatan. Contoh dari hasil pengamatan kelas didapatkan
Nama Siswa
Hasil Pengamatan
Jabar
Jabar tidak begitu menanggapi jika ditanya teman sebangkunya
Alfa
Alfa tidak memahami pencoretan dalam persamaan, karena untuk menentukan nilai  dia melakukan pengerjaan:
Trigono
Trigono sering keliru dalam mengalikan dan menjumlah kan pecahan
Gamma
Gamma berpikirnya divergen dan sangat terampil dalam menggunakan jangka.
... dst




2.    Tanya jawab
Wujud dari tanya jawab ini boleh saja berupa kegiatan presentasi oleh siswa atau tanya jawab secara personal.
 

3.         Tugas
Gambaran mengenai perkembangan kualitas belajar matematika dapat dilihat dari tugas yang diselesaikan. Tugas dapat dapat dikaitkan dengan fenomena lingkungan atau bisa juga murni mengenai konsep yang ada di matematika. Oleh karena penilaiannya setelah tugas diselesaikan maka akan sangat bagus jika dikombinasikan dengan teknik lainnya misalnya dengan wawancara. Misalnya siswa diminta mengukur tinggi tiang bendera dengan menggunakan identiitas trigonometri.

4.         Tes
Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tes dilakukan setelah proses pembelajaran atau kegiatan selesai. Sayangnya tes seperti biasanya berujung pada penyekoran. Pragmatis penyekoran sering sebagai pertimbangan, sehingga cenderung mangabaikan proses. Pada kenyataannya, model pilihan ganda yang paling banyak digunakan. Untuk memberikan ruang bagi penilaian autentik maka pilihan ganda perlu ditambah dengan cara pengerjaan.

5.         Portofolio
Bahasa sederhana dari potofolio adalah kumpulan pekerjaan yang telah dilakukan oleh siswa. Di dalamnya bisa termasuk tugas, hasil tes, laporan, catatan guru, dan sebagainya. Portofolio merupakan sumber data yang sangat baik bagi guru. Selain itu portofolio dapat digunakan oleh siswa untuk melihat perkembangan yang terjadi terhadap dirinya dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu setiap portofolio harus diberi catatan tanggal penyusunannya.

Untuk menjamin penilaian benar-benar faktual maka perlu adanya kombinasi dari berbagai teknik di atas.
Demikianlah Artikel Kali ini mengenai Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika Semoga bermanfaat. 

Anda ingin versi dokumen word? Silakan Download :
Contoh Penilaian Autentik Mata pelajaran Matematika

0 Response to "Contoh Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika"

Iklan Tengah Artikel 1